Cara Membuat Cover DVD



Postingan kali ini saya akan menjelaskan langkah – langkah untuk membuat cover DVD melalui Adobe Photoshop. Ukuran sebuah cover sangatlah penting dalam hal ini agar cover yang akan kita print nanti sesuai dengan box DVD. Untuk lebih jelasnya kita akan menggunakan ukuran seperti ini.


Untuk membuatnya, buka program Photoshop, klik File → New kemudian masukkan angka untuk width: 26,6 dan height: 18,5. Ubah ukuran inches menjadi cm lalu klik Ok. Pada cover DVD terdapat 2 muka yaitu bagian depan dan bagian belakang, keduanya dipisahkan dengan garis tengah yg berfungsi untuk nama judul sebuah DVD. Untuk membuat garis tengah DVD tersebut kita dapat menggunakan ruler pada Photoshop. Caranya klik tab View → Ruler kemudian klik ruler yang ada disebelah kiri, drag hingga ke tengah, lakukan hal sama seperti tadi dan atur jaraknya menjadi 1 cm, dan hasilnya seperti ini.
 

Desainlah background cover sesuai dengan keinginan anda dan jika anda menginginkan 2 muka yang berbeda letakkanlah 2 background yang anda inginkan dengan format sisi kiri untuk bagian belakang dan sisi kanan untuk bagian depan. Jangan lupa untuk mengisi bagian tengahnya dengan judul yang sama dengan maksud untuk memudahkan pencarian DVD saat DVD tersebut diletakkan di rak dengan posisi berdiri. Berikut ini adalah contoh cover DVD buatan saya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Dimas Pamungkas